Spot Sunrise view

Ter-favorit di Dataran Tinggi Dieng :

 

Gunung Sikunir

Gardu Pandang Tieng

Candi Arjuna

Gunung Perau

Bukit Sikendil

Gunung Pakuwojo

Gunung Sikunir tidak bisa dilepaskan dari Dataran Tinggi Dieng. Seolah satu paket perjalanan, tidak akan lengkap perjalanan kita ke Dieng tanpa menunggu matahari terbit di puncak gunung ini.

Sikunir dieng

 

Gunung Sikunir terletak di Desa Sembungan, Kejajar, Wonosobo. Jarak tempuh dari Dieng menuju kaki Gunung Sikunir sekitar 30-45 menit. Anda bisa pilih alat transportasi yang paling sesuai untuk Anda: sewa mobil atau sewa angkot.

 

Tidak akan ada banyak yang bisa dilihat-lihat sepanjang perjalanan Dieng-Sikunir; itupun jika Anda berangkat dari Dieng. Pemandangan di awal pagi itu akan didominasi dengan kabut-kabut yang turun ke tanah. Kegelapan masih punya ruang banyak di bumi. Dingin juga masih sangat merajalela.

 

Jalan raya sudah baik dan beraspal. Hanya saja, perjalanan Anda akan banyak kelokan. Kalau kabut sedang tipis, di kiri-kanan jalan akan kelihatan kebun carica (buah khas Dieng yang serupa pepaya), kol, kentang, dan cabe. Semuanya adalah tanaman andalan Dataran Tinggi Dieng.

 

Pertanda yang baik adalah ketika kita sampai kaki Gunung Sikunir hari masih gelap. Artinya, masih ada waktu santai untuk mendaki Sikunir sampai ke puncaknya. Karena itu, agar matahari terbit bisa terkejar, berangkatlah paling lambat sekali pukul 4.30 dari Dieng.

Sikunir

Perjalanan bermobil berakhir di Telaga Cebong. Dari sini, kita harus mendaki Gunung Sikunir yang berketinggian 2.350 mdpl. Di kaki gunung, kita akan dimintai sumbangan Rp10.000/orang, semacam biaya masuk ke Sikunir.

 

Jarak tempuh sekitar 1 km. Hati-hati, karena kita harus mendaki di pagi buta dengan kiri atau kanan curam. Walaupun rute pendakian tidak terlalu sulit (karena sudah ada jalan setapak yang tegas, di beberapa titik bahkan sudah ada conblock), kita masih tetap harus bersiap diri. Gunakan sepatu/sendal gunung, jaket yang bisa menghangatkan, sarung tangan, senter, topi wol/kupluk, dan jangan lupakan air minum.

 

Jika perjalanan lancar, kita akan bisa sampai dalam 30 menit. Jangan kaget kalau ternyata sudah banyak orang lain di puncak tersebut, lengkap dengan kamera besar-besar dan lensa yang macam-macam. Puncak Gunung Sikunir memang sudah menjadi tujuan melihat matahari terbit favorit di Wonosobo. Banyak orang yang sengaja datang untuk memotret keindahan matahari terbit yang sudah digadang-gadang sebagai “golden sunrise”.

Paket sikunir

Freezing moment adalah ketika sedikit demi sedikit semburat cahaya matahari muncul dari entah berantah. Lalu, Gunung Sindoro akan kelihatan gagah di kejauhan. Kemudian, menyusul Gunung Sumbing, jika kabut tidak terlalu tebal. Bahkan, kalau Anda sangat beruntung, Gunung Merbabu dan Merapi akan turut kelihatan. Betapa anggun mereka dari puncak Sikunir.

 

Ketika proses indah ini terjadi di depan mata, kemungkinan keramaian orang-orang yang berebutan spot motret paling bagus jadi tidak ada artinya. Ketika golden sunrise sudah di depan mata, silakan dinikmati sepuas-puasnya. Jangan terlalu sibuk dengan urusan potret-memotret. Sebab, Puncak Sikunir itu salah satu tempat yang sengaja membiarkan Anda berhadapan satu lawan satu dengan matahari. Jadi, jangan disia-siakan.

OBYEK WISATA DIENG dan SIKUNIR LAINNYA